3 Alasan Kenapa Kamu Perlu Memiliki Sikap "Bodo Amat"

 

Pinterest.com

Hidup memang selalu memiliki hal yang mengejutkan bagi kita semua. Ada banyak dari hal tersebut sering menyenggol pikiran kita. Entah dari ucapan seseorang maupun perlakuannya. Tak terkadang itu juga bisa mengganggu aktivitas kita dalam menjalani hidup. Bahkan, bisa jadi sebuah kesakitan yang berujung fatal jika kita sendiri tidak bisa mengontrolnya dengan baik. Biasanya, hal yang paling sering membuat kita sulit melupakan kejadian itu karena kiriman negatif dari orang-orang di sekitar kita. Misalnya, pandangan orang lain tentang karakter minoritas disekitar mereka, kalimat pedas yang sengaja dilontarkan untuk bisa menjatuhkan mental orang lain, perlakuan yang tidak adil karena perbedaan cara pikir/bicara/pandang.

Dari kasus-kasus yang sering terjadi di sekitaran kita itulah, menjadi bodo amat itu perlu, lho. Namun, bukan berarti kita akan menjadi pribadi yang anti sosial karena bersikap bodo amat dengan tidak wajar. Kita bersikap seperti itu seharusnya di tempat dan waktu yang tepat. Jika dirasa memang kita perlu untuk peduli maka lakukan seperti biasanya. Maka dari itu, banyak sekali yang salah tangkap dengan kasus ini. Khususnya para remaja, menjadi bodo amat yang tidak wajar dan justru menjadikan karakter mereka buruk. Bersikap bodo amat memang perlu, tapi tidak selalu kita tunjukkan setiap saat.

Jadi, ada beberapa alasan mengapa kita perlu punya sikap bodo amat. Selain karena memang menghindari sesuatu yang buruk terhadap kita, itu juga dapat dijadikan sebuah senjata yang membuat orang seenaknya menjadi tahu diri.

1. Kamu tidak bisa memuaskan semua orang

Perlu diketahui, ada banyak orang yang terlalu menekan standar hidup didunia ini. Padahal menjadi diri sendiri saja sudah lebih dari cukup. Kita tidak selamanya akan menjadi seseorang yang memiliki value terhadap orang lain. Ada beberapa hal yang kita tidak bisa lakukan karena pada dasarnya setiap individu itu berbeda. Maka, mematok standar hidup itu tidak perlu, Prioritaskan yang kita butuhkan dan tidak merugikan kita. Dengan adanya standar hidup yang menjadi perbandingan itulah justru kita akan banyak meraup kerugian. Tidak selamanya kita juga bertahan untuk semua orang. Ada kalanya kita butuh waktu untuk diri sendiri.

2. Menjadi seseorang yang tegas dan berprinsip

Ketika kita memiliki kelemahan, tentu akan ada oknum yang memanfaatkannya. Namun, jika kita memiliki ketegasan dan prinsip yang jelas dengan adanya sikap tertentu, menjadikan orang-orang disekitar kita tahu batasannya. Mereka tak akan melulu terhadap kita tentunya. Maka itulah, bersikap sedikit bodo amat jika ada hal yang justru menguras energi dan waktu kita itu perlu. Bodo amat disini bukan berarti tidak peduli atau tidak manusiawi. Namun, jika ada kasus dimana kita terlibat dan itu sangat amat merugikan segalanya maka sikap bodo amat juga diperlukan disini. Dan, semua itu tetap kembali bagaimana tempat, waktu, dan situasinya. Karena tak jarang banyak orang mengatasnamakan sikap bodo amat ini yang malah berujung keegoisan mereka. Jadi, pilah-pilih keadaan itu juga harus dipertimbangkan. Bagaimana kita harus bersikap bodo amat dan bagaimana kita harus bersikap peduli.

3. Kamu bisa fokus untuk hidupmu sendiri

Kita tahu bahwa hidup memang bervariasi, ada banyak proses yang harus kita selesaikan atau justru tidak akan pernah selesai. Semua proses itu tergantung kita sendiri mengolahnya dengan cara apapun. Disetiap proses yang membuat kita memetik banyak pembelajaran, tak jarang sedikit ada seripilan yang mengusik ketenangan. Sering sekali kita akan merasakan banyak hal berat seperti dicap buruk karena punya karakter minor, diasingkan karena memiliki kebiasaan yang berbeda, sampai bahkan hal kecil yang wajar saja kita bisa mendapatkan sanksi yang seharusnya kita tidak dapatkan. Oleh karenanya, mulai sekarang kita perlu bersikap bodo amat. Daripada kita banyak menguras waktu dan energi untuk itu, lebih untung lagi kita jadikan energi dan waktu tersebut sebagai jembatan agar merubah diri menjadi lebih baik.

Dari 3 alasan diatas, perlu kita garis bawahi lagi bahwasanya untuk bersikap bodo amat juga tetap menyesuaikan tempat, waktu, dan suasananya. Kita juga harus benar-benar mempertimbangkan untuk mengambil sikap tersebut karena bisa jadi justru kitalah yang merugikan orang lain. 

DONASI VIA TRAKTEER.ID Yuk Donasi ke Blog ini, Bantu berikan donasi jika dirasa blog ini bermanfaat. Donasi akan kita gunakan untuk membiayai seluruh kebutuhan blog ini, salah satunya adalah untuk menggaji penulis kita. Terima kasih telah mempercayakan www.yoursay.harianmerdeka.id . Terima kasih :)

0 Komentar

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS