Internet dan Intranet

Internet dan Intranet. Sekilas terlihat sama, tapi ternyata sangat berbeda. Apa saja sih, yang menjadi perbedaan internet dan intranet? Simak pembahasannya yuk!

A. INTERNET

Internet, siapa yang tidak tahu dengan jaringan komputer yang satu ini. Semua orang tentu saja menggunakannya untuk berbagai keperluan. Namun sebelum itu, kita harus tahu dulu nih, apa sih pengertian dari Internet itu? Selama ini kita hanya menggunakan tanpa tahu apa artinya. Berikut ini dia, informasinya :

1. Pengertian Internet

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Net Working yang berarti 'Jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung'. Internet juga sering disebut sebagai gabungan jaringan  komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu jaringan informasi global.

2. Macam-macam Layanan Di Internet

a. WWW (World Wide Web), adalah web yang menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain.

b. FTP (File Transfer Protocol), adalah protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan. FTP juga berfungsi sebagai media tukar-menukar data antara client dan server dalam sebuah jaringan.

c. E-Mail (Electronic Mail), adalah layanan internet untuk mengirimkan surat dengan media elektronik.

d. Mailing List (Milis), adalah layanan untuk mengirim email ke banyak orang dalam sebuah kelompok yang telah ditentukan.

e. IRC (Internet Relay Chat), chatting bisa dilakukan secara kelompok dalam suatu chat room atau berdua saja dalam modus priode. Kegiatan chatting bisa membutuhkan software yang disebut IRC CLIENT. Contohnya adalah software MIRC.

f. VOIP (Voice Over Internet Protocol), adalah suatu teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet dengan biaya yang terjangkau.

g. Search Ongine, layanan ini berfungsi untuk mencari informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kata kunci pencarian yang dimasukkan.

h. Layanan Blog, blog artinya situs pribadi. Dengan membuat blog kita bisa menuangkan semua ide, kreativitas, harapan, hobi, ataupun sesuai keinginan kita yang nantinya akan menjadi suatu sumber pengetahuan dan ilmu baru bagi pembacanya.

3. Dampak Positif dan Negatif Internet

a. Dampak positif

1). Sebagai media komunikasi

2). Media pertukaran data

3). Media untuk mencari informasi atau data

4). Sumber informasi

5). Sumber penghasilan

6). Media berbisnis

b. Dampak Negatif

1). Kecanduan

2). Penipuan

3). Pornografi

4). Mengurangi sifat sosial

5). Radikalisme

Nah, setelah mengetahui pengertian internet dengan dampak-dampaknya. Untuk selanjutnya, kita akan membahas tentang intranet.  Wah, apa itu intranet? Sama tidak sih internet dengan intranet? Apakah penggunaan Intranet sama dengan Internet? Berbagai pertanyaan mulai menyelinap masuk, nih.  Yuk, kita simak pembahasannya sekarang juga!

B. INTRANET

Sekilas yang kita lihat namanya mirip dengan internet, ya. Meskipun begitu, internet dan intranet memiliki fungsi yang berbeda. Intranet disebut juga sebagai jaringan privat yang menggunakan protokol internet untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau organisasi. Selengkapnya, ayo simak pembahasan dibawah ini.


Sumber foto : https://pin.it/SJ3t6BA/Unily

1. Pengertian Intranet

Intranet dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet, atau bisa juga disebut sebagai internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi/perusahaan.

2. Keuntungan Menggunakan Intranet

a. Produktivitas kerja

b. Komunikasi

c. Efisiensi waktu

d. Sistem publikasi web

e. Efektifitas biaya

f. Keseragaman informasi

g. Meningkatkan kerja sama

3. Kelemahan Intranet

a. Informasi yang salah dapat beredar

b. Memerlukan tenaga ahli

c. Pertimbangan keamanan data

d.Memungkinkan mengirimkan hal-hal yang kurang sesuai

e.Diperlukan pelatihan untuk mendidik karyawan

f. Bebasnya pengiriman pesan antar pengguna

Nah, setelah mengetahui pengertian antara internet dan intranet, tentu kalian sudah bisa menangkap  Perbedaan antara kedua jaringan tersebut bukan? Perbedaannya terdapat pada jangkauan jaringannya.

Pada internet, jangkauan jaringannya dapat diakses secara global, secara keseluruhan, semua kalangan dapat mengakses jaringan ini. Sedangkan Intranet, jangkauan jaringannya lebih privat, hanya pada lingkup internal perusahaan atau organisasi tertentu yang dapat mengaksesnya.

Editorial ys.hm.id

0 Komentar

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS