Review Novel 'Penutup Senja' yang Menginspirasi

Sumber: Instagram/@i.n.d.a.h_1217

 Penutup Senja merupakan sebuah buku novel yang ditulis oleh Army Yandho Manungga. Kisah yang tertulis di dalam buku tersebut adalah pengalaman dari si penulis sendiri. Di mana ia berperan sebagai "Bintang", sang tokoh utama dalam novelnya.

 Novel "Penutup Senja" karya Army Yandho Manungga akan membawa pembacanya seakan-akan ikut merasakan sebuah konflik yang terjadi, terutama pada konflik kehidupan seorang remaja dengan keluarganya. Bukan hanya mengisahkan tentang keluarga dan kehidupan remaja saja, tapi dalam novel ini juga mengisahkan tentang perjalanan hidup, kesadaran, emosi, persahabatan, cinta dan kasih sayang.

 "Sederhana keinginan saya, semoga novel Penutup Senja ini dapat memberi inspirasi bagi banyak orang. Untuk terus berjuang dan bertarung melawan hidup. Hingga tak ada lagi kata serta alasan untuk menyerah dalam menjalani hidup ini. Hingga damai pun datang kepada kita, yang terus berjuang tak kenal menyerah. Sukses untuk kita semua!" kata Army Yandho Manungga dalam say thank you di buku tersebut, yang di sampaikan untuk para pembaca.

 Latar warna pada cover yang dibuat berdasarkan judulnya, seolah menggambarkan kisah akhir dalam novel tersebut. Novel yang benar-benar menginspirasi ini, cocok sekali dibaca oleh para remaja yang tengah dirundung masalah keluarga, saya sendiri sebagai pembaca pernah merasakannya langsung, yang dimana setelah membaca buku tersebut seakan-akan tersadarkan dengan kehidupan yang tidak akan kekal ini.


***

"Nak kamu lihat senja itu? Senja indah itu pun punya proses sebelum dia dapat seindah itu. Dia harus sabar menunggu mentari yang perlahan-lahan tenggelam. Hingga senja indah yang kamu lihat sekarang bisa terlahir begitu manakjubkan" Yang paling penting, aku memiliki cahayaku sendiri!

***

 Hampir keseluruhan bab dalam novel ini benar-benar memberikan sebuah pesan yang bermanfaat, setiap lembar dalam kisahnya di jamin tidak akan membuat pembaca bosan, dengan gaya bahasa  dan alur yang mudah dipahami, serta konflik yang selalu membuat penasaran.

Sumber: instagram/@i.n.d.a.h_1217

 Kutipan bab tersebut menggambarkan kisah tegarnya seorang Ibu, di kala ia menghadapi sebuah ujian hidup, dimana ia harus ikhlas menerima apa yang diperbuat oleh suaminya.

Sumber: instagram/@i.n.d.a.h_1217

 Dan kutipan tersebut menggambarkan kisah sabarnya seorang Anak, yang ditakdirkan memiliki seorang Ayah yang begitu keras dan memiliki perangai yang buruk.

Sumber: instagram/@i.n.d.a.h_1217

 Demikian ulasan singkat novel "Penutup Senja", karya Army Yandho Manungga. Jika kalian penasaran dengan kisahnya yang penuh dengan pesan kehidupan, kalian bisa memesan bukunya langsung sekarang juga, cek akun instagram penerbit @penerbitmatakehidupan, untuk info lebih lanjut.

 Editorial ys.hm.id

0 Komentar

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS