Jurusan Masih Sedikit Peminatnya

jurusan masih sedikit peminatnya

Beberapa hari lalu Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengadakan rekrutmen bersama BUMN 2022 besar-besaran dengan formasi 2.700 formasi di lebih 50 BUMN. 

Berdasarkan pantauan yang terlihat mayoritas rekrutmen memerlukan posisi dengan lulusan bidang perkebunan, kehutanan, teknik perkapalan, teknik elektro dan ilmu teknologi. Bidang tersebut juga dalam pantauan tiga hari jelang penutupan pendaftaran terpantau masih belum penuh secara kuota.

Melalui pembukaan rekrutmen BUMN ini secara nyata membuka lebar pandangan terhadap peluang pekerjaan atau jenis pekerjaan dengan proses pemilihan jurusan di bangku perguruan tinggi.

Kesadaran tersebut meliputi bahwa dalam memilih jurusan tidak harus berpaku pada jurusan-jurusan umum dan banyak peminat. Secara sadar, bahwa bidang perkebunan, kehutanan, teknik mesin, teknik elektro, dan ilmu teknologi adalah bidang yang hampir sebagian orang sulit memahami jenjang karir kedepan atau bahkan kebermanfaatan keilmuannya.

Selain itu, disadari juga bahwa bidang tersebut cenderung merupakan jurusan elit. Sehingga amat sulit bagi masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah dapat mengenyam di bidang tersebut. Namun, hal itu dapat disiasati dengan belajar bersungguh-sungguh dengan berkuliah jalur beasiswa.

Semoga tulisan ini membantumu merencanakan jenjang karir masa depanmu ya. 


0 Komentar