Manfaat Menulis untuk Anak Usia Dini

Pada umumnya anak-anak sudah bisa menulis saat usia 6 tahun, namun apa salahnya usia 4 tahun kita ajarkan anak pra menulis, bukan dengan cara menyuruh anak memegang pensil lalu menyuruh nulis salah satu huruf, itu tentu saja tidak tepat, mengenalkan pra menulis yaitu dengan cara mengajarkan anak untuk memperkuat otot-otot tangannya. Misalnya, dengan merobek kertas, menggenggam, bermain lego, menempel, meremas kertas. Ketika otot tangan mereka sudah terstimulasi dengan baik, maka anak mudah diarahkan cara memegang pensil dengan baik. 

Sebelum anak  diajarkan untuk menulis huruf atau angka, ajarkan anak untuk membuat garis lurus, garis lengkung, bentuk bulat-bulat, ajarkan secara terus menerus. Lihat proses dari hari ke hari, dan jangan lupa untuk selalu memberikan arpresiasi ketia anak mampu melakukannya dengan baik, agar rasa percaya diri di dalam dirinya tumbuh dengan baik. 

Selain melatih motorik halus dan kekuatan otot tangan anak, mengajarkan menulis pada anak banyak sekali manfaatnya sebagaimana yang diungkapkan oleh Anna Surti Ariani. Psikolog Anak dan Keluarga diantaranya : 

1. Kemampuan Fisik 

Sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya, kegiatan menulis melatih untuk mengkoordinasi jari-jarinya, dengan kemampuan menggenggam alat tulis dan kemudian menggerakannya. 

2. Kemampuan Kognitif 

Melalui menulis, kemampuan kognitif anak akan meningkat, karena melatih konsentrasi anak sehingga daya ingat anak pun semakin kuat. Selain melatih daya ingat anak, kegiatan menulis pun melatih kreatifitas anak, bisa kita lihat usia 4-5 tahun jika anak terstimulasi dengan baik anak sudah bisa membuat satu huruf atau angka bahkan sudah bisa berimajinasi dengan menggambar.

3. Kemampuan Bahasa 

Ketika kosa-kata anak semakin baik, lewat aktifitas menulis, dan didukung kemampuan berpikirnya yang baik, saat anak melakukan aktifitas menulis, mungkin dia akan sambil bercerita-cerita misalnya “ Aku mau bikin gambar bunga mawar “ lalu dia berpikir “ bunga mawar seperti apa yah?” anak mulai berpikir dan berimajinasi. Nah, nyambung kan dengan kemampuan kognitif, kosa kata anak pun bertambah.

4. Sosial Emosional 

Ternyata dengan menulis bisa membangun sosial dalam diri anak, karena anak belajar menerima informasi dengan baik dan melatih kesabaran dan ketekunan dalam diri anak. 

Ternyata banyak sekali manfaatnya untuk  Si kecil yah, akan tetapi dengan catatan tetap ajarkan menulis pada anak usia dini dengan tahapan-tahapan yang tepat dan sesuai, tanpa pemaksaan, berikan stimulasi yang terbaik untuk anak-anak kita, agar tumbuh kembangnya baik dan maksimal. 


0 Komentar

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS