Rekomendasi Film Bertema Mudik Lebaran: Obati Rindu Kampung Halaman

Lebaran tinggal menghitung jam, setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Tak ketinggalan nuansa ramadan selalu diramaikan dengan tradisi mudik lebaran.

Sayangnya tidak semua orang bisa pulang kampung setiap tahunnya. Jangan berkecil hati!! Untuk mengobati rindu kampung halaman, isi waktu luangmu menonton sederet film bertema mudik lebaran. Jangan lupa tradisi sungkeman dilakukan terlebih dulu ya meski sebatas telepon

Langsung aja berikut rekomendasi film bertema mudik lebaran.


1. Pulang (2022)

Film besutan sutradara Azhar Kinoi Lubis ini tayang perdana 2 April lalu. Film dapat ditonton melalui platfrom "klikfilm". "Pulang" mengisahkan tentang Prasetyo (Ringgo Agus Rahman) dan anaknya Rindu (Ziva Magnolya) melakukan perjalanan ke rumah Eyang di Jogja untuk menjemput istrinya Santi (Imelda Therinne) dan anak bungsunya Biru (Malvin Yoel).

Perjalanan seorang ayah dan anak ini digambarkan dengan penuh keharmonisan hubungan keduanya. Walau terdapat bumbu-bumbu ketidak-selarasan antar keduanya, komunikasi dalam dijalin sepanjang perjalanan membawa kehangatan tersendiri di tengah masalah yang dihadapi dari masing-masing individu.

2. Sampai Jadi Debu (2021)

Mengisahkan tentang seorang pria bernama Damar (Wafda Saifan) yang memutuskan untuk menemui ibu dan saudara-saudaranya di Solo pada hari lebaran.

Momen mudik tersebut hanya berlangsung singkat karena sifat Damar yang sangat cuek dan hanya mementingkan pekerjaan.

Damar sangat menyesal mendengar kabar ayahnya meninggal dunia ketika ia sudah kembali lagi bekerja di Jakarta.

3. Mudik (2019)

Mudik bercerita tentang sepasang suami istri Aida (Putri Ayudya) dan Firman (Ibnu Jamil) yang mudik ke kampung halaman sekaligus berharap menemukan solusi untuk konflik rumah tangga yang merundung mereka. Di tengah perjalanan, mereka mengalami kecelakaan yang memakan korban.

Rencana mudik mereka pun jadi kacau, karena Aida dan Firman harus menemui istri korban dan menetap sementara di kampung sang korban. Belum lagi isu orang ketiga yang mewarnai konflik di antara keduanya.

Film ini berhasil menunjukkan makna lain dari mudik. Dengan mengusung cerita yang sederhana namun penuh makna, serta didukung latar suasana yang terasa nyata, film ini layak masuk movie list Anda.

4. Pulanglah (2018)

Selain film panjang, film bertema mudik lebaran berikut ini datang dari jajaran film pendek. Film pendek berjudul Pulanglah merupakan film karya sineas Andi Syahwal Mattuju yang dibuat untuk tayangan edisi Lebaran 2018 lalu.

Pulanglah menceritakan sosok Rio, seorang barista perantauan. Rio sudah lama tidak pulang ke kampung halamannya. Sampai suatu hari, dia merasa terpanggil untuk kembali pulang demi bertemu Ibu dan adiknya saat Lebaran.

Para tokoh dalam film pendek Pulanglah bukan berasal dari jajaran aktor atau aktris ternama. Namun, mereka terbilang apik dalam memainkan perannya.

5. Batal Mudik (2016)



Masih termasuk dalam kategori film pendek, film Batal Mudik ini mendapat ulasan yang bagus dari para penonton karena berhasil bikin baper, terutama bagi perantauan.

Batal Mudik menceritakan tentang kebimbangan Amin yang bingung harus mudik atau tidak. 

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab Amin mempunyai masalah pribadi dengan sang ayah dan enggan untuk meminta maaf.

Rasa galau yang dialami Amin semakin menjadi-jadi setelah satu per satu teman kosannya pulang ke kampung halaman mereka.

Film 'Batal Mudik' ini dapat disaksikan melalui kanal Youtube FMM Studios.

1 Komentar

  1. Terima kasih sudah memberikan informasi mengenai list film terkait Mudik, jadi tahu deh. Siiippp

    BalasHapus