The Great Hack: Film Penyadaran Sejuta Umat, Waspada Bermedia Sosial

Sumber : Netflix.fandom.com


The Great Hack adalah film dokumenter provokatif yang dinominasikan sebagai film dokumenter spesial terbaik di ajang Emmy. Film ini mengungkap penelusuran perusahan data bernama Cambrige Analytics menjadi simbol sisi gelap di media sosial setelah pemilihan presiden A.S tahun 2016 (Netflix.com: 2019).

Identitas Film:

Judul                        : The Great Hack

Sutradara                : Karim Amer dan Jehane Noujaim

Penulis                     : Pedro Kos, Karim Amer dan Erin Barnett

Produser                  : Judy Korin, Pedro Kos, Geralyn White Dreyfous dan Karim Amer

Pemeran                  : David Carrol

            Carole Cadwalladr

            Brittany Kaiser

Rumah Produksi    : Netflix

Tahun Produksi  :  24 Juli 2019

Durasi          : 113 Menit

Negara                     : Amerika Serikat

Kehadiran film ini tidak terlepas dari berita besar sempat menggeparkan dunia sempat pada skandal penyalahgunaan data pengguna facebook oleh Cambrige Analytics yang terungkap awal 2018. Ini diketahui penulis justru setelah menonton film The Great Hack berulang kali sembari mencari hal-hal yang ada pada film yang tidak dimengerti, seperti Cambrige Analytics, David Carrol, Brittany Kaiser dan Alexander Nix. Film dokumenter ini terhitung berat mengharuskan penonton mencari sumber lain agar memahami peristiwa yang terjadi secara runut.

Maka, sejalan dengan penemuan pemahaman akan film ini cukup menguras emosi. Pada kesempatan kali ini ingin berbagi emosi itu kepada pembaca yang budiman agar jika kalian belum menonton film ini, wajib bagi kalian menontonnya! Sebab, The Great Hack mengedukasi penonton untuk lebih berhati-hati dalam memberikan data privasi di media sosial. 

Pengungkapan dan perjuangan hak atas privasi data di sosial media melalui film ini adalah perubahan besar. Bravo!! Untuk orang-orang yang terlibat dalam pembuatan film ini. Bagaimana tidak skandal ini cukup mendapat perhatian tentang hak data privasi di sosial media.

Langsung kita intip sekilas film the Great Hack, agar dapat memandu perjalanan kalian selama menonton film ini. 

Sederhanannya film dokumenter ini menceritakan penelusuran terhadap skandal penyalahgunaan data pengguna media sosial. Cambrige Analytics atau disingkat CA sebuah perusahaan big data asal Inggris, diduga telah mengambil dan mempergunakan data pengguna internet tanpa izin. Dalam visual film menggambarkan bagaimana proses itu terjadi ditunjukan melalui analisis algoritma dari seluruh aktivitas pengguna internet. Data tersebut kemudian diolah menjadi profil psikologis dan digunakan sebagai bahan mencapai tujuan menguntungkan  pihak tertentu yang dalam hal ini adalah pengaturan hasil pemilu.

Cerita berfokus pada tiga tokoh yakni Profesor David Carrol dari  Parsons School of Desgin. Brittany Kaiser mantan direktur pengembangan bisnis untuk Cambrige Analytics dan jurnalis investigasi asal Inggris Carole Cadwalladr. Mereka tidak saling terkait namun memiliki tujuan yang sama dalam mengungkap apa yang dilakukan Cambrige Analytics terhadap kontestasi politik di berbagai negara, termasuk kampanye Brexit dan pemilu AS 2016 dengan caranya masing-masing. Bagaimana keterlibatan mereka? Selengkapnya kalian dapat menonton film dokumenter ini di Netflix. Semoga insight yang disampaikan dalam film membuat kita semakin sadar dan waspada dalam menggunakan internet. Selamat menonton!

Editorial ys.hm.id

0 Komentar

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS