4 Kebiasaan Mahasiswa Baru Yang Terlihat Lucu Di Mata Senior


Tahun akademik 2022/2023 sedang berlangsung, hampir semua kegiatan perkuliahan sudah dilakukan secara tatap muka setelah hampir 3 tahun lamanya harus menunjang kegiatan pembelajaran melalui daring. Namun, ada beberapa kampus yang baru akan memulai Masa Prabakti Mahasiswa (MAPRAM) atau lebih di kenal dengan nama OSPEK. Sebuah kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mengenalkan visi dan misi kampus kepada mahasiswa baru.

Setelah masa penerimaan mahasiswa baru selesai. Biasanya akan sering kita jumpai kebiasaan-kebiasaan lucu yang di lakukan mahasiswa baru yang bisa membuat para seniornya ketawa ngakak. Seperti sebuah tradisi, hal tersebut turun-temurun terjadi setiap tahunnya.

Ada 4 kebiasaan mahasiswa baru yang bisa buat para seniornya tertawa ngakak. Yuk, simak!

1. Duduk dan berjalan bergerombol dengan teman masa SMA.

Mungkin karena masih belum bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru, dan masih canggung atau masih malu untuk berkenalan dengan teman sesama mahasiswa baru. Sehingga seringkali kita lihat mahasiswa baru duduk dan berkumpul dengan orang-orang itu saja, baik yang satu kelas ataupun yang satu SMA dulu. 

2. Merasa keren karena bisa menjadi mahasiswa

Setelah melalui beberapa proses seleksi dan akhirnya lolos, kemudian diterima menjadi mahasiswa. Biasanya, mahasiwa baru akan melakukan pendekatan dengan teman sekelasnya dan para senior di kampus, baik yang terlibat ke dalam kepanitian MAPRAM/OSPEK maupun yang ia temui di kantin kampus. Dan, hal ini seringkali membuat mahasiswa baru merasa keren karena bisa dekat dengan beberapa teman mahasiwa senior sehingga menimbulkan sifat jumawa. Namun, bagi seniornya hal seperti ini justru terlihat lucu karena sikap mahasiswa baru ini malah menjadikan mereka terlihat seperti anak kecil. 
    
3. Malu bertanya meski dalam kebingungan

Sebuah kewajaran ketika kita menemui suatu hal yang baru, dan kadang kala membuat kita bingung entah dalam sebuah perkulihan atau pekerjaan apapun yang bersifat baru. Begitu juga yang di alami oleh MABA meski seringkali menemui kesulitan atau sekedar ingin menjalin kedekatan dengan seniornya. Tetapi, tidak jarang banyak dari mereka justru malu ketika ingin bertanya,  serta menampakkan wajah yang terlihat seperti kebingungan, dan hal itu justru membuat para seniornya tertawa dan kasihan.

4. Kompak saat memakai almamater kampus

Pada awal-awal perkuliahan, biasanya kita akan melihat banyak mahasiswa yang menggunakan almamater. Mungkin, kebiasaan tersebut seolah-olah sudah menjadi ciri khas seorang mahasiswa. Namun, acapkali kejadian ini terjadi selain acara resmi kampus maupun ormawa ketika penerimaan mahasiswa telah usai. Meski terlihat wajar dan lumrah, kejadian tersebut kadang membuat para senior ketawa ngakak.

Lantas bagaimanakah kalian pada saat pertama kali masuk kedunia perkulihan? Kebiasaan apa yang sudah kalian lakukan?

Sumber Referensi :

liputan6.com.2018. Diakses 29 september 2022 melalui https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3619872/5-ciri-ciri-unik-mahasiswa-yang-baru-memasuki-dunia-perkuliahan.


Admin.2022. Diakses 29 september 2022 melalui https://peradaban.ac.id/2022/09/24/kecerdasan-iq-eq-dan-esq-jadi-titik-berat-terwujudnya-generasi-bersinar-di-mapram-2022/.

Tim editorial ys.hm.id


0 Komentar

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS