5 Alasan Kenapa Kita Wajib Belajar Pemrograman

sumber: https://vocasia.id/blog/wp-content/uploads/2021/11/Bahasa-Pemrograman-1.jpg

Mengenal Apa Itu Pemrograman?


Pemrograman adalah menulis, menguji, memperbaiki, serta memelihara kode yang membangun suatu program dalam komputer. Kode yang ditulis dengan menggunakan banyak bahasa pemrograman dengan tujuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan perhitungan atau pekerjaan yang di inginkan oleh  programmer.


Untuk bisa membuat program atau pemrograman keterampilan, maka keahlian yang wajib dimiliki yakni algoritma dan logika. Keahlian lain tentunya adalah bahasa pemrograman itu sendiri, bahkan tidak sedikit kasus yang mengharuskan pemrogramnya harus bisa memahami rumus-rumus matematika.

Pemrograman juga merupakan suatu seni dalam menggunakan satu atau beberapa algoritma yang saling terhubung dengan menggunakan bahasa pemrograman, sehingga menjadi suatu program yang bisa di jalankan dan di pahami oleh manusia.

Apakah pemrograman perangkat lunak juga merupakan seni, ilmu atau teknik? Persoalan ini telah lama di perdebatkan oleh para ahlinya terdahulu. Namun, biasanya Pemrogram yang selalu melakukan kombinasi ketiga hal tersebut agar dapat membuat program yang efisien baik saat run time maupun dari segi memori yang digunakan.

BAHASA PEMROGAMAN

Bahasa program secara umum memiliki dua bahasa yaitu bahasa  pemrograman yang berada di sisi server (Server side) dan bahasa pemrograman yang berada di sisi klien (Client side). Namun disini kita tidak akan membahas bahasa-bahasa apa saja yang berada di sisi server (Server side) atau di sisi klien (Client side). Tetapi kita akan membahas bahasa-bahasa pemrograman yang populer atau biasa kita temui terutama yang terdapat dalam browser atau website-website yang biasa kita buka setiap hari. Serta, 5 alasan kenapa kita harus belajar bahasa pemrograman.


Berikut 15 bahasa pemrograman yang populer saat ini :

1. Macam-macam bahasa pemrograman dan contohnya:

  • C#
  • C
  • C++
  • Java
  • Java script
  • Python
  • Ruby
  • PHP
  • Kotlin
  • Scala

2. 5 Alasan Menapa harus belajar pemrograman. 

1. Pemrograman mengajarkan anda tentang kehidupan nyata. 

Belajar bahasa pemrograman  bisa dibilang gampang-gampang susah. Dalam merancang program komputer, kita akan banyak menemukan kesalahan pada kode pemrogramannya. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menganalisis kesalahan tersebut sampai kita menemukan solusi terbaik untuk menanganinya. Dalam belajar bahasa pemrograman apapun, kita harus sering melakukan testing atau uji coba sendiri sehingga kita terbiasa ketika kita menemuhan error pada kode pemrograman kita  

2. Pemrogaman membuat anda lebih kreatif

Dunia pemrograman sangat lekat dengan dunia software.  programmer dituntut untuk berpikir lebih kreatif dan keluar dari kebiasaan atau out of the box. Maka dengan tuntutan seperti itu, membuat seorang pomgrammer menjadi lebih kreatif dengan menghasilkan karya-karya yang luar biasa bahkan mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya hanya dengan menggunakan software.

3. Pemrogram membuat lebih mudah

Dulu semua kegiatan dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun setelah adanya komputer tercipta,  membuat semuanya semakin mudah. Terlebih, komputer-komputer jaman sekarang banyak membuat fitur yang lebih lengkap serta canggih sehingga semua terasa lebih mudah dan efisien baik waktu maupun tenaga.

4. Peluang kerja

Seiring perkembangan zaman yang serba berbau teknologi. Hal tersebut membuat dunia kekurangan tenaga ahli dalam bidang pemrograman, sehingga sangat penting bagi kita untuk mendalami ataupun mempelajari bahasa pemrograman dengan bahasa apapun. Jadi, kita  memiliki nilai jual tinggi dalam dunia kerja.

5. Coding mengajarkan ketangguhan

Untuk menjadi programmer profesional, kita pasti mengalami siklus percobaan, kesalahan, perbaikan dan ulangi. Proses seperti itu terus menderu sampai kita tidak menjadi buntu ketika program kita mengalami error atau problem. Dan kegiatan tersebut melatih kita menjadi programmer yang tangkas serta cepat dalam mengambil solusi terbaik. Maka tak heran banyak programmer junior yang tidak terbiasa dengan siklus itu justru harus mengalami efek tumbang kemudian pada akhirnya memilih untuk meninggalkan profesi tersebut.

Itulah sekilas tentang pemrogaman dan 5 alasan mengapa kita perlu mempelajari ilmu tentang permograman, serta bahasa apa saja yang nantinya akan kita gunakan untuk program-program yang akan dibuat nanti.

Sumber Referensi :

cnblogadmin. 2020. Di askes 29 September 2022 melalui https://course-net.com/blog/alasan-mengapa-kita-mempelajari-pemrograman/.

Admin. 2020. Di akses 29 September 2022 melalui https://samuraiitproject.blogspot.com/.
 

Tim editorial ys.hm.id

0 Komentar

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS