Beberapa Tips Ini Dapat Membuatmu Lebih Bersih dan Rapi

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Memang, untuk menjadi bersih dan rapi itu cukup sulit. Membangun kebiasaan seperti itu harus ada sedikit pemaksaan agar berjalan terus-menerus sampai mengubah kebiasaan lama menjadi hal baru yang lebih baik. Semakin dewasa seseorang, maka pekerjaan yang dilakukan akan semakin meningkat, dan tentu menumpuk hingga tak sedikit dari kita kewalahan. Itulah salah satu penyebab yang membuat kita akan memiliki kebiasaan buruk. 

Sebab, ketika kita mempunyai banyak pekerjaan, maka banyak dari pekerjaan tersebut terbengkalai hingga justru tak kunjung digarap. Kita akan merasa sudah lelah dengan pekerjaan satu dengan yang lainnya. Begitulah kehidupan yang semakin pelik di usia dewasa. Namun, beberapa dari kita masih mampu membagi waktu mereka menjadi pribadi yang bersih dan rapi. 

Manfaat dari kebersihan dan kerapian itu cukup banyak, tentunya untuk diri sendiri. Misalnya, benda yang sering kita bersihkan tidak bernoda maupun cepat kumal, benda tersebut akan terus bersih dan terlihat lebih awet. Begitupun dengan kerapian, jika dipandang mata akan terasa sangat cantik dan tidak membuat pusing kepala saat melihatnya. Contohnya adalah penempatan baju, barang di dapur seperti piring, gelas, sendok, dan lain sebagainya. 

Jadi, kali ini kita akan membahas soal tips untuk menerapkan kebiasaan bersih dan rapi. Selain sangat bermanfaat untuk diri sendiri. Memiliki kebiasaan ini akan membuat kita menjadi pribadi yang disiplin dan tertata. Berikut tipsnya!

1. Taruh Benda Ke tempat Semula

Mulailah dengan kebiasaan kecil. Lambat laun, kita akan merasa hal itu wajib dilakukan. Taruhlah benda-benda yang sudah kita pakai ke tempat semula, di mana benda itu diletakkan. Kita bahkan harus meletakannya sesuai jenis bendanya, hal itu disebabkan agar benda terlihat lebih rapi saat kita lihat. Kebiasaan yang satu ini bahkan mampu membuat ruangan nampak bagus tanpa ada banyak benda berserakan. 

2. Buatlah Penempatan Barang yang Simpel Namun Mudah Diingat

Di dalam rumah maupun kantor, bahkan bangunan apapun di luar sana, akan ada banyak lemari sesuai kebutuhannya. Begitulah dengan yang kita punyai di dalam rumah. Gunakan semaksimal mungkin lemari-lemari yang ada. Isilah dengan benda-benda yang sekiranya terbengkalai di ruang-ruang tertentu. Buat sebuah display yang menyesuaikan selera masing-masing. Kegiatan sederhana ini bisa membuat kita memiliki tanggung jawab untuk melakukannya setiap saat. Aturlah jadwal tersendiri ketika kita sudah mulai terbiasa.

3. Belilah Alat Kebersihan yang Cukup

Selain dua poin sebelumnya, membeli alat kebersihan adalah hal pertama yang wajib kita penuhi. Sebab, ketika kita melakukan bersih-bersih, tidak mungkin bagi kita menggunakan alat yang sekiranya memang tidak layak lagi digunakan. Belilah secukupnya, sesuaikan kebutuhan dan budget yang kita punyai. Tentu, satu yang terpenting dari lainnya, belilah alat bersih utama seperti lap, sapu, kain pel. Sisanya, kita boleh membelikan pewangi untuk setiap benda yang kita miliki di rumah maupun untuk di luar kebutuhan rumah. Seperti kantor bagi pekerja, maupun sekolah bagi pelajar. 

4. Lakukan Kebiasaan Tersebut dengan Konsisten

Sepertinya kata tersebut sering mencuat di berbagai masalah dalam kehidupan. Apapun yang kita lakukan, yang paling utama adalah konsistensi diri. Memang, semua berawal dari niat sendiri. Maka, bangunlah semangat untuk menjadi pribadi bersih dan rapi tersebut. Dengan dimulainya hal-hal kecil, maka tidaklah membuat kita terbebani begitu berat. Lakukan kegiatan tersebut tidak untuk satu atau dua kali. Buat diri sendiri nyaman dengan kegiatan bersih-bersihnya. Sebab, bagaimanapun juga, menjadi pribadi bersih dan rapi sangat diperhitungkan pula oleh Allah Swt. Sebagaimana tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 222 yang bermakna, "Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri". 

Nah, begitulah tips menjadikan kita pribadi yang bersih dan rapi. Semoga bermanfaat!

Sumber Referensi :

Admin. 2022. Cara Supaya Bersih dan Rapi. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2022 melalui https://www.google.com/amp/s/id.wikihow.com/supaya-Bersih-dan-Rapi%3famp=1?espv=1.

Tim Editorial ys.hm.id

0 Komentar

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS