Masalah Adalah Kunci Pembelajaran Dalam Kehidupan dan Pengembangan Diri

 Sumber : Istock

Hai, Gaes!  Dalam menjalani kehidupan ini, setiap orang pasti akan dihadapkan dengan ragam problematika kehidupan. Tidak perlu repot untuk mencarinya, masalah akan menghampiri setiap orang tanpa memandang usia, profesi, tempat dan waktu.

Banyak orang yang mengeluh lalu putus asa ketika masalah datang bertubi-tubi. Padahal jika kontrak si masalah dengan yang bersangkutan sudah habis, masalah itu akan terselesaikan dengan sendirinya. 

Setiap masalah bukan hanya sekadar berisi tentang kepahitan saja, melainkan ada pembelajaran positif yang bisa kamu jadikan sebagai kunci pembelajaran dalam kehidupan dan pengembangan diri. 

Apa saja itu? Berikut ulasannya. 

1. Menjadikan diri kita lebih dekat dengan Tuhan

Bukan hal yang aneh bin ajaib lagi, ketika seseorang sedang dihadapkan dengan persoalan hidup ia akan mengingat Tuhannya. Sebagai manusia yang memiliki keyakinan kepada Tuhan, kita percaya jika Tuhan tidak tidur, ia pasti akan membantu menyelesaikan setiap masalah Hambanya.

Hikmah dari setiap pemasalahan yang hadir dalam kehidupanmu ialah salah satu cara Tuhan untuk menjadikanmu pribadi yang lebih kuat, lebih tawakal, lebih yakin dan lebih dekat lagi dengan Sang Penciptanya.

2. Melatih kesabaran

Sabar merupakan salah satu kunci dalam menyelesaikan masalah. Kadang tidak disadari bahwa masalah akan menuntut dirimu untuk lebih bersabar saat melewatinya. Kamu yang awalnya serba terburu-buru, perlahan menjadi pribadi yang lebih bisa menahan diri.

Dengan meningkatkan kesabaran, kamu akan dilatih untuk mengelola energi dan pola berpikir. Dengan begitu kamu akan mendapatkan manfaat seperti lebih tenang saat menghadapi masalah dan bersikap lebih bijaksana untuk menyelesaikan masalah.

3. Memupuk sikap lapang dada

Manfaat masalah yang menimpamu selanjutnya adalah membuat dirimu lebih lapang dada. Tak heran jika masalah akan membuatmu cemas dan gelisah karena masalah sangat menguras tenaga dan pikiran. 

Untuk mencapai tahap ini kamu perlu melewati fase sabar terlebih dahulu. Dengan begitu, kegusaran di hatimu akan hilang dengan sendirinya. Setelah melewati hal tersebut, maka dirimu akan merasakan kelegaan dan kelapangan hati.

4. Mengubah pola berpikir

Masalah berpeluang menjadikan seseorang keluar dari zona nyamannya. Hal tersebut akan membuka pikiran kita, menambah pengalaman dan pengetahuan dalam menghadapi setiap tekanan.

Jika sudah begitu, tentu saja dapat memberikan sudut pandang yang berbeda dari pengalaman baru yang ada. Di samping itu, pola pikirmu juga akan terbentuk menjadi lebih dewasa. Kamu pun akan memiliki beragam sudut pandang dalam menyikapi suatu masalah.

5. Meningkatkan kualitas diri

Yang terakhir, kunci kehidupan yang diberikan oleh setiap masalah kepada seseorang, yakni dapat memberikan dampak positif pada perkembangan diri dan pengalaman hidup seseorang. 

Ketika seseorang mampu melewati masa sulitnya, maka tinggilah derajat yang didapat sebab keberhasilannya. Namun, jika ia tidak bisa mengelola dan mengendalikan masalah yang menimpanya dengan baik, maka ia adalah orang yang benar-benar merugi. 

Oleh sebab itu, jadikanlah masalah sebagai kunci pembelajaran untuk meningkatkan kualitas diri. Dan sadarlah kawan, bukan tanpa alasan Tuhan memberikan masalah pada setiap hambanya. 

Jika kalian sedang ditimpa suatu masalah, dari pada ngelebai-lebai mengeluh di medsos, lebih baik mengadu langsung ke Tuhan untuk memohon solusi terbaik. Karena tak ada lagi tempat curhat tebaik selain kepada Tuhan. 

Tim Editorial ys.hm.id

0 Komentar

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS