Antara Hujan dengan Penyakit

Sumber : Bobo.ID

Pernah mengalami tidak, orang tua kita bilang kepada kita, "Jangan hujan-hujanan nanti sakit". Saat masih kecil dulu orang tua kita pasti bilang begitu, dan kalian tahu? Kalau anak kecil diberikan kata 'jangan' pasti dia akan penasaran dan melakukannya. Betul?

Mengenai hujan, hujan adalah rahmat yang Allah Swt turunkan ke bumi agar kita sebagai manusia bisa memetik hikmahnya dan belajar darinya juga. Allah menciptakan tetes hujan ke bumi setelah kita merasakan panasnya hawa di siang hari.

Dari hujan pula, kita bisa merasakan syukur yang berlimpah karena tumbuh-tumbuhan dapat bernapas lega menikmati air yang meresap lewat pori-pori daun tersebut, dan ketika hujan turun kita pun dianjurkan untuk berdoa dan berzikir agar hujan ini membawa manfaat. 

Lalu, berkaitan dengan hujan dan penyakit, sebenarnya tidak ada yang terlalu dipermasalahkan ketika kita hujan-hujanan atau basah karena hujan disebabkan lupa membawa jas hujan ketika pulang ke rumah. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah hujan ini memang betul membawa penyakit bagi manusia?

Ada yang berpendapat kalau kita terkena hujan karena tidak sengaja, bisa menyebabkan sakit. Sebenarnya, itu juga tidak salah, namun kita perlu lebih memahami ini karena beberapa mitos muncul seputar hujan yang turun di musim penghujan seperti ini.

Hujan bisa membuat manusia itu sakit karena disebabkan daya tahan tubuh melemah setelah terkena air hujan, misalkan flu berat, gatal-gatal di sekujur tubuh, atau demam. Namun sebaliknya, jika daya tahan tubuh normal atau sehat meskipun terkena hujan insyaAllah tidak akan timbul penyakit. 

Hujan pun bisa saja membuat manusia sakit manakala suhu tubuh kita menurun atau disebut hipotermia, saat air hujan mengenai tubuh dan baju kita basah, biasanya ada beberapa orang yang mudah terserang flu, demam, atau yang lebih parah menyerang sistem kekebalan tubuh. 

Pada intinya, hujan tidak mendatangkan penyakit bagi tubuh kita, tetapi alangkah lebih baik apabila kita dapat mengantisipasi kondisi tubuh ketika hujan tiba. Adapun tips dari saya untuk menjaga kesehatan saat musim hujan yaitu mengonsumsi makanan sehat seimbang, buah dan sayur dicuci sampai bersih agar pestisida yang menempel hilang, rajin mencuci tangan setelah makan karena tangan kita salah satu sumber penyakit bila tidak dijaga dengan baik, menjaga keseimbangan jam tidur malam kita agar tidak begadang, biasakan untuk minum air hangat saat bangun tidur minimal 8 gelas serta menyeduh minuman herbal yang bagus untuk tubuh seperti wedang jahe atau jus buah tanpa gula. 

Sumber Referensi :
Hello Sehat. 2021. Apa Benar Kena Air Hujan Bisa Bikin Sakit? Diakses pada Selasa, 18 Oktober 2022 melalui website www.hellosehat.com

0 Komentar

    CLOSE ADS
    CLOSE ADS